Selasa, 15 April 2014

SATUAN LAYANAN (RPL) BK

SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
o   Topik Permasalahan

Masalah pribadi (siswa sulit mengendalikan emosi)
o   Bidang Bimbingan

Pribadi
o   Jenis Layanan

Layanan informasi
o   Fungsi Layanan

- Pemahaman
- Pencegahan
- Pengembangan
o   Standar Kompetensi

Mengenal cara-cara mengekspresikan perasaan secara wajar.
o   Kompetensi Dasar

Mampu mengembangkan sikap yang bisa memahami emosi atau perasaan diri.
o   Tujuan Layanan

- Siswa mampu menahan emosi
- Siswa mampu memahami cara-cara mengendalikan atau meredam emosi
o   Sasaran Layanan

Siswa kelas VII A
Metode/Teknik/Uraian Kegiatan

o   Metode

Bimbingan klasikal

o   Teknik

- Latihan/permainan
- Diskusi

o   Uraian Kegiatan




o   Tahap Pembentukan
(5 menit)

1) Guru pembimbing menciptakan suasana interaksi yang kondusif.
2) Guru pembimbing bersama siswa (konseli) mengembangkan komitmen agar proses bimbingan dapat terselenggara dengan baik.
3) Guru pembimbing menjelaskan secara singkat tentang tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan bimbingan.
4) Guru pembimbing memberikan kesempatan kepada konseli untuk bertanya tentang hal-hal yang belum jelas.


o   Tahap Peralihan
(5 menit)

1) Guru pembimbing mencairkan suasana dan memantapkan kesiapan siswa (konseli) dan guru pembimbing.
2) Siswa (konseli) mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan bimbingan.
3) Guru pembimbing memberi isyarat bahwa akan segera mulai dengan kegiatan ini.


o   Tahap Kegiatan
(25 menit)




1) Eksperientasi
(10 menit)

1) Guru pembimbing meminta salah satu siswa (sukarelawan) untuk menceritakan mengapa siswa mudah emosi dan apa penyebabnya.
2) Guru pembimbing meminta siswa lain untuk memperhatikan penyampaian siswa yang menjadi sukarelawan, sambil memikirkan penyebab mudahnya emosi atau amarah memuncak.
3) Guru pembimbing dan siswa bersama-sama menyimpulkan sebab-sebab memuncaknya emosi.
4) Guru pembimbing dan siswa memikirkan cara-cara menghindarkan diri agar tidak mudah emosi.
5) Setelah selesai, guru pembimbing menampilkan cinematherapy tentang cara-cara menghindarkan diri dari emosi.


2) Identifikasi

Guru pembimbing berdiskusi dengan siswa tentang hal-hal yang dilaksanakan pada kegiatan sebelumnya (mengidentifikasi apa yang telah dilaksanakan dan apa yang dirasakan).
1) Apa yang kalian rasakan saat berdiskusi?
2) Apa yang akan kalian lakukan agar mudah mengendalikan emosi?


3) Analisis

Guru pembimbing menganalisis tentang kegiatan yang telah dilaksanakan.
1) Apakah hasil dari kegiatan tersebut dapat membuat kalian paham tentang bagaimana mengendalikan emosi?
2) Apa makna pengalaman dari kegiatan ini?


4) Generalisasi

Guru pembimbing dan siswa (konseli) menyimpulkan hasil kegiatan yang telah diikuti dan membuat kesimpulan tentang langkah yang akan diambil siswa, yakni:
1) Bagaimana cara mengendalikan atau meredam emosi?
2) Langkah apa yang akan ditempuh agar tidak mudah emosi?
3) Siswa membuat komitmen untuk melakukan hal-hal yang dapat mencegah munculnya emosi.


o   Tahap Pengakhiran
(10 menit)

- Refleksi
- Evaluasi
o   Materi Layanan

Mengendalikan emosi
o   Penyelenggara Layanan

Guru Bimbingan dan Konseling (konselor)
o   Pihak-pihak yang dilibatkan

- Guru penjaskes
- Orang tua
o   Media

Cinematherapy
o   Penilaian/Evaluasi

- Penilaian segera (Laiseg): Keterlibatan konseli di dalam kegiatan bimbingan.
- Penilaian jangka panjang (Laijapang): Perkembangan kesehatan siswa.
o   Tindak Lanjut

- Bimbingan kelompok
- Konseling kelompok
- Konseling individual


Tidak ada komentar:

Posting Komentar